KORMI Gelar Festival Silat Daerah di Nunukan, Puluhan Pendekar Turun Berlaga

Puluhan Pendekar Silat Turun Berlaga Festival Silat Daerah Yang Digelar KORMI Nunukan, Sabtu 03/06/2023. (Foto-DV)

NUNUKAN – Sebanyak 6 Perguruan Silat se-Kabupaten Nunukan mengikuti gelar Festival Silat Daerah (Silatda) 2023 di Nunukan, Sabtu (3/6/2023).

Gelar Festival Silat Daerah (Silatda) 2023, yang dilaksanakan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nunukan di alun-alun Nunukan.

Selain para pendekar silat dari perguruan silat yang turun berlaga, juga turut disukseskan oleh Asosiasi Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Kalimantan Utara, APPSBI Nunukan, Prokopim Setkab Nunukan, Bina Production dan Kana Creativa.

Didampingi  Ketua Panitia Penyelenggara, Nur Syafitri, kepada media, Ketua KORMI Nunukan, Andi Muhammad Akbar Djuarzah,  mengungkapkan kegiatan yang digelar tersebut,sebagai bentuk tanggung jawab KORMI Nunukan, untuk melestarikan Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya,

“Even Silatda Fest 2023 ini adalah refleksi kebudayaan lokal yang menjadi wadah seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Nunukan,” ucap Andi Muhammad Akbar

Andi Muhammad Akbar pun menyebut Silatda Fest 2023 yang mengusung tema “Budaya Kita tanggungjawab kita,” ini merupakan satu diantara 14 program prioritas pengembangan olahraga rekreasi masyarakat tahun 2024.

“Dan Silatda Fest 2023, yang diselenggarakan ini, merupakan program ke-6 yang telah direalisasikan KORMI Nunukan,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, yang hadir dan membuka acara Silatda Fest 2023, dalam sambutannya mengatakan bahwa seni bela diri Silat merupakan salah satu aset budaya negara yang sangat berharga, dan kita memiliki, maka kita harus ikut menjaga dan melestarikannya.

“Sebisa mungkin, Silat dapat terus diajarkan kepada anak-anak kita, para generasi penerus bangsa agar budaya ini tidak hilang begitu saja ditelan oleh perkembangan zaman,” tutur Laura.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Serahkan Uang Pembinaan Untuk Atlit Berprestasi

Dan pada kesempatan tersebut, Bupati Laura atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, memberikan apresiasinya kepada KORMI Nunukan selaku penyelenggara kegiatan dengan harapan bisa menjadi awal yang baik untuk pengembangan seni budaya Silat yang ada di tengah masyarakat.

“Melalui festival Silatda selain sebagai ajang untuk saling bersilaturahmi, berbagi pengalaman dan menimba prestasi, ini juga jadi kesempatan, bangkitnya berbagai aliran silat budaya di Kabupaten Nunukan,”harapnya. (DV)