Gandeng TNI Polri, Pengawasan Karantina Diperketat Jelang Idul Adha

Tarakan  – Permintaan komoditas pertanian berupa hortikultura diprediksi mulai mengalami peningkatan menjelang Idul Adha. Diantaranya bawang merah, tomat, kubis, kentang dan cabe juga hewan dan hasil hewan. KM. Lambelu bersandar, Pejabat Karantina Tarakan Wilayah Kerja Malundung bergegas melakukan pengawasan di Pelabuhan Malundung. Pejabat Karantina melakukan pemeriksaan fisik terhadap komoditas tumbuhan dan hewan yang masuk Kota Tarakan.
Setiap melaksanakan tugasnya, Karantina Pertanian Tarakan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait yakni TNI dan Polri sehingga pemeriksaan dilakukan dengan tertib dan efisien.
Kepala Karantina Pertanian Tarakan drh. Akhmad Alfaraby (09/07) menjelaskan bahwa pengawasan dan pemeriksaan terhadap semua komoditas pertanian yang masuk maupun keluar konsisten dilakukan, bahkan di tingkatkan menjelang hari besar, diperlukan pula sinergi dengan seluruh instansi terkait.
“Meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan, hal ini dilakukan oleh pejabat karantina selain untuk mencegah masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) antar area, juga dilakukan untuk menjamin semua komoditas pangan hasil pertanian sehat, layak dan aman untuk di konsumsi masyarakat. Pengawasan dilapangan yang dilakukan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait sebagai bentuk sinergitas antar pelayan publik”, ujarnya.(*)