NUNUKAN – Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada tanggal 1 januari 2010 melahirkan sebuah inovasi yang diberi nama “Si Super” (sistem informasi surat perjalanan dinas), terobosan ini lahir dari ide awal untuk pengembangan sistem administrasi perjalanan dinas di Kabupaten Nunukan dimaksudkan untuk menata administrasi perjalanan dinas khususnya proses pengajuan dokumen perjalanan dinas.
Fokus inovasi ditujukan pada penataan standar pelayanan dan prosedur permohonan dokumen perjalanan dinas, dengan meminimalisir peluang terjadinya perjalanan dinas anggaran ganda dan perjalanan dinas yang tidak dilengkapi, terobosan ini telah dilombakan pada tahun 2014 dan masuk Top Inovasi pada kementerian PAN RB yang diikuti oleh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah
Namun mengingat inovasi tersebut telah dibuat sejak lama tentu membutuhkan beberapa pembaharuan yang dibutuhkan sesuai kondisi saat ini maka diperluakan suatu terobosan inovasi baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui pengembangan aplikasi yang sudah ada.
“Dengan demikian kami memilih judul dalam Aksi Perubahan adalah Integrasi sistem Penandatanganan secara Elektronik dan Sistem Laporan Keuangan ke Sistem Administrasi Surat Perjalanan Dinas pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan ( iPESAN SISUPER ), “ ungkap Tamrin, SE, Kasubbag Protokol Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Nunukan.
Tamrin menerangkan, sistem administrasi manajemen surat perjalanan dinas yang ada belum terintegrasi oleh aplikasi SPBE yang sudah ada salah satunya adalah penandatangan secara elektronik karena melalui penandatangan secara elektronik memiliki manfaat mencakup peningkatan kenyamanan, karena memungkinkan penandatanganan jarak jauh peningkatan efisiensi, dengan mempercepat waktu pemrosesan dokumen, dan peningkatan keamanan, melalui enkripsi dan pelacakan digital selain itu terobosan berikutnya adalah terintegrasinya pelaporan keuangan secara elektronik dengan banyaknya jumlah surat yang dibuat dan diterima, maka pencarian data akan menjadi tidak efisien dalam hal waktu dan tenaga.
“Pembebanan tugas terhadap seseorang yang dilakukan dengan sistem manual juga menyebabkan kemungkinan tidak meratanya beban tugas yang akan ditanggung pada tiap tiap orang dan waktu pengerjaan yang tidak efektif atau sangat lamban. Sehingga pada saat ini diperlukan suatu sistem administrasi manajemen surat yang lebih terstruktur agar dapat mempercepat pembuatan laporan dan pencarian data yang ada. Oleh karena itu maka diperluakan suatu terobosan inovasi yaitu dengan pemanfaatan tekhnologi informasi melalui pembuatan aplikasi. Dan tujuan aksi perubahan adalah untuk peningkatan pemanfaatan sistem informasi surat perjalanan dinas pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan,” tuturnya.
Leave a Reply
View Comments