Kelompok Tani Binaan Medco E&P Tarakan Berhasil Kembangkan Padi Varietas Biosalane

Petani Tarakan Panen Padi Varietas Biosalane, (15/08). (mld)

TARAKAN, – Kelompok Tani Mapan Sejahtera yang merupakan binaan bersama antara Dinas Pertanian Kota Tarakan dan PT Medco E&P Tarakan berhasil melakukan penanaman padi varietas Biosalane. Kegiatan penanaman padi varietas ini merupakan yang pertama dikembangkan oleh kelompok Tani ini di Provinsi Kalimantan Utara. Panen perdana padi ini dilakukan oleh Pj Walikota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.SI dan pejabat terkait lainnya di Kota Tarakan serta Manager Operasi Medco E&P Tarakan Darmawan pada Kamis (15/8) di Kelurahan Mamburungan, Tarakan Timur. Kamis  15 Agustus 2024.

Program penanaman padi varietas ini merupakan kegiatan terbaru yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mapan Sejahtera di lahan seluas satu hektar di Sei Sembakung, Mamburungan. Keunggulan jenis padi ini, selain tahan hama, juga dapat panen dalam waktu hanya 110 hari.

Para petani berharap, varietas padi Biosalane dengan segudang keunggulannya ini dapat meningkatkan pendapatan mereka.

“Alhamdulillah dengan menggunakan benih bantuan dari Medco panen kali ini hasil terlihat bagus dan memuaskan,  hasil juga banyak”,ujar Hamzah.

Senada dengan Hamzah, anggota kelompok tani yang lain, Iwan mengatakan, panen kali ini lebih bagus tanpa hama seperti panen sebelumnya.

“Alhamdulillah panen tahun ini lebih bagus tanpa hama, seperti benih lebih bagus tidak ada hama,  dan jumlah hasil panen juha naik, karena ini bagus, yang lalu sekitar 40 karung kali ini bisa lebih 50 karung, isi 50 kg setiap karungnya”, ungkapnya.

Sementara ketua Kelompok Tani Mapan Sejahtera, Syarifuddin juga mengucapkan syukur atas panen kali ini, karena selain dirinya juga petani yang lain bisa mendapatkan hasil padi yang bagus.

“Kami berterimakasih kepada pihak PT Medco yang selama ini memberikan pendampingan dan benih  padi varietas Biosalane, saya sendiri melihat hama burung pipit yang sebelumnya terlihat kali ini menjelang panen tidak terlihat, sehingga ini terbukti benih yang ditanam jauh dari hama dan tentunya hasil ini membantu peningkatan pendapatan bagi petani khususnya yang tergabung di kelompok tani mapan sejahtera ini”, tuturnya.

Pada kesempatan ini Syarifuddin juga menyampaikan harapan agar terus mendapatkan perhatian dan support kepada kelompok tani mapan sejahtera ini.

“Semoga kami terus di support, baik dari pemerintah dan PT Medco selalu memberikan solusi terbaik untuk kami, dan diharapkan juga adanya pengembangan lahan agar petani padi bisa berkembang”, pungkasnya.

Menurut VP Relations & Security Arif Rinaldi, sebelumnya kelompok tani ini telah mengembangkan Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan, yaitu berupa pertanian, peternakan, biogas, perikanan, dan produksi pupuk cair dan kompos.

“Medco E&P terus melakukan berbagai program pengembangan masyarakat di area operasinya, selain juga terus berupaya meningkatkan produksi migasnya untuk memenuhi kebutuhan energi domestik,” imbuh  Arif Rinaldi. (***)