Idul Adha, Lapas Nunukan Sembelih 5 Ekor Hewan Kurban

NUNUKAN – Sebanyak 5 ekor hewan kurban, yaitu 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing disembelih oleh pihak Lapas Kelas IIB Nunukan pada perayaan Idul Adha tahun 2023 ini.

Jumlah kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 1 ekor sapi. Hal ini disampaikan Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) Lapas Kelas IIB Nunukan Alipul Humam menyebut

“Ahamdulilah tahun ini kita ada penambahan jumlah hewan kurban, kalua tahun lalu kita hanya satu ekor sapi, tahun ini ada 3 ekor sapi dan kambing 2 ekor, ” terang Alipul Humam, Kamis (29/6/2023).

Alipul Humam juga menjelaskan, hewan kurban tersebut merupakan bantuan, dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprovkaltara), DPRD Provinsi Kaltara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, BSI, dan PT Arsindo.

“Kami menerima bantuan sapi dari Gubernur Kaltara, DPRD Provinsi, dan Bupati Nunukan, sedangkan kambing dari BSI dan Arsindo, dan ada bantuan lainnya juga yang kami terima dan kami maksimalkan untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan di lapas Nunukan,”tutur Humam .

Selain dibagikan kepada warga sekitar Lapas, daging hewan kurban seluruhnya juga dibagikan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Nunukan.

“Insyaalloh siang ini mereka bisa menyentuh dan menikmati daging kurbannya,” ungkapnya.

Humam, berharapnya di tahun berikutnya stakeholder maupun perusahaan swasta lainnya dapat berpartisipasi untuk memberikan bantuan atau berkurban bagi warga binaan dan warga di sekitar Lapas Nunukan.

“karena WBP kita berhak dan layak mendapatkan hewan kurban,”pungkas Humam.(DV*)