Chandra Wijaya,ST.,M.Ag. Penyuluh Agama Islam Kota Tarakan Melangkah Ke Tingkat Nasional

TARAKAN – Sosok Chandra Wijaya,ST.,M.Ag yang biasa dipanggil Ustad Chandra di lingkungan tempat tinggalnya, Perum BTN Intraca, Kelurahan Juata Permai, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, adalah sosok Ustad yang berhasil membangun kampung santri.

Tidak hanya mendirikan kampung santri di lingkungan tempat tinggalnya, Ustad yang satu ini dikenal sebagai pendakwah, syiar-syiar dakwahnya  pun sering diUpload di youtube.

Atas dedikasinya tersebut dirinya berhasil lolos dalam seleksi penyuluh agama Islam Award tahun 2024 tingkat provinsi Kalimantan Utara.

Dan kini Ustad Chandra pun bersiap mewakili Kalimantan Utara ikut kembali dalam ajang yang sama pada tingkat nasional tahun 2024 mewakili Kementerian agama provinsi Kalimantan Utara.

Atas prestasinya tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, H. Syopyan, S.Ag, M.Pd, memberikan apresiasi.

Syopyan mengatakan,  pemerintah melalui Kementerian Agama, turut serta dalam pembangunan nasional, utamanya dalam aspek keagamaan.   kepada penyuluh agama Islam, baik Penyuluh Agama ASN, PPPK serta Penyuluh Agama Non ASN.

Secara umum, menurutnya penyuluh agama Islam bertugas untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan bimbingan, penyuluhan agama sekaligus menyukseskan program-program pembangunan melalui bahasa agama.

“Alhamdulillah, salah satu peserta dari kegiatan penyuluh agama Islam award tahun 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Utara, yang dinyatakan lulus dalam seleksi penyuluh agama Islam award tahun 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Utara metode Penyuluhan baru adalah Chandra Wijaya,ST.,M.Ag. selaku penyuluh agama Non PNS Kec Tarakan utara,”terangnya.

pada bulan Juni tahun 2024, Chandra Wijaya,ST.,M.Ag. dari kota Tarakan yang dinyatakan berhasil akan ikut kembali dalam ajang yang sama pada tingkat nasional tahun 2024 mewakili Kementerian agama provinsi Kalimantan Utara .

Sofyan pun menjelaskan, “terdapat beberapa kriteria dalam penilaian penyuluh agama Islam award tahun 2024, diantaranya , ”pembuatan film yang kemudian ditayangkan melalui akun youtube beserta portofolio dan karya tulis ilmiah (KTI) yang telah disusun, karya tulis ilmiah dan video yang buat oleh penyuluh Chandra Wijaya yaitu Media Youtube sebagai syiar dakwah kampung santri BTN Intraca Kota Tarakan yang sudah di upload di media channel youtube kanwil kemenag provinsi Kalimantan utara”.

Sementara Chandra Wijaya pun menerangkan, adapun karya tulis ilmiah yang iya buat sesuai dengan keadaan ke penyuluhannya di Kecamatan Tarakan utara. yaitu membangun kampung santri pada tahun 2021 s/d sekarang yang sudah diresmikan oleh kepala kementerian agama kota Tarakan pada tahun 2021

Dan Portofolio yang dibuat sebagai bahan penilaian di tingkat nasional diantaranya sekurang-kurangnya membuat portofolio sebanyak 300 halaman meliputi

  1. KUALIFIKASI DAN AKADEMIK
  2. PENGEMBANGAN PROFESI
  3. PENDUKUNG PROFESI

Dan sebagai sarana pendukung penialian ditingkat nasional sebagaimana yang disampaikan oleh pihak kementerian agama republik Indonesia melalui link :  https://www.jotform.com/app/241158667940464/page/37

Pada kesempatan ini Chandra Wijaya memohon doa dan dukungan pada seleksia tingkat Nasional  Islam Award tahun 2024, dengan memberikan tanggapan tentang kepenyuluhan yang sudah dilakukan oleh penyuluh pada link:  https://www.jotform.com/app/241158667940464/241463441701044 untuk acuan dewan juri dalam menilai dedikasi dan pengaruh positif para peserta. (*)