Musprov IPSI III Tahun 2024, Suroso Terpilih Menjadi Ketua Periode 2024-2028

TARAKAN – Suroso S.H, didaulat sebagai ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kalimantan Utara periode 2024-2028.

Suroso terpilih melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) ke III Tahun 2024, yang diikuti pengurus provinsi IPSI dan pengcab kabupaten dan kota, dilaksanakan di Hotel Grand Citra, Jumat ( 24/05/2024) malam.

Agenda Musprov ini dilaksanakan untuk memilih ketua serta menyusun kepengurusan baru seiring berakhirnya masa bakti Sigit Muryono sebagai ketua dan jajarannya.

Sigit sendiri tidak maju menjadi calon ketua karena lebih memilih memberikan kesempatan bagi pengurus lainnya untuk menahkodai IPSI Kaltara. Karena menurutnya, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menyiapkan kadernya untuk menjadi pemimpin selanjutnya.

“Saya tidak (mencalonkan). Sudah gantian yang lain. Dan saya berpesan kepada Nakhoda IPSI Kaltara yang terpilih nantinya melanjutkan hal-hal yang baik. Jika terdapat hal yang belum baik harus diperbaiki ke depannya. Dengan  membawa pencak silat Kaltara lebih baik dari sisi pembinaan maupun prestasi,”imbuhnya.

Musprov IPSI ke III Tahun 2024 dibuka Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Prov Kaltara, Muhammad Nasir.

Nasir menerangkan, ketika masa kepemimpinan habis. Dalam Musprov IPSI ke III p

ihaknya sempat memberikan perpanjangan terhadap pimpinan sebelumnya lantaran terkendala belum bisa terlaksananya Musprov.

“Musprov ini merupakan aturan dalam organisasi yang harus dijalankan pelaksanaan Musprov yang harusnya digelar pada 2023.Kita pertimbangkan kendala pelaksanaannya kemarin. Tapi Alhamdulillah hari ini sudah terlaksana Musprov nya,” katanya.

Sebagai induk organisasi cabor, ia mengharapkan kepada Ketua IPSI terpilih nantinya agar terus berkoordinasi dengan Ketua IPSI periode sebelumnya yakni Sigit Muryono. Agar kepengurusan berikutnya dapat memiliki pedoman untuk evaluasi masa depan cabor.

Menurutnya, prestasi cabor IPSI saat ini sudah sangat baik terbukti terdapat dua atlet yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Saya kira IPSI ini olahraga tradisional, nanti juga ada Pak Sigit bisa sebagai Dewan Penasehat. Nanti bisa berkoordinasi bagaimana IPSI ke depannya. IPSI sejauh ini sudah berjalan sesuai harapan saya sebagai Ketua KONI,” pungkasnya.(mld*)