Lolos Audisi GBN, 4 Pelajar Kaltara Terpilih Tampil Bernyanyi di Istana Negara pada HUT RI Ke 78

Membanggakan, 4 Pelajar Kaltara Lolos Audisi GBN dan akan Tampil di Istana Negara pada HUT RI ke 78.(foto-mulya)

TARAKAN – 4 orang pelajar Provinsi Kalimantan Utara Berhasil Terpilih Tampil bernyanyi di Istana Negara pada peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke 78.

Ke 4 pelajar tersebut,  Batildis De Maria,  pelajar asal Nunukan , Alya, pelajar dari Kabupaten Bulungan, William Christian, pelajar dari kabupaten Tana Tidung   dan   Royur Viber Siwu, pelajar dari Kota Tarakan.

Pada audisi yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara, di salah satu hotel Diamond kota Tarakan tersebut diikuti 20 peserta, yang mewakili Kabupaten/kota  se provinsi Kaltara, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau,Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan.

Adapun tim penilai paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) yaitu Sukanly S, Maima dan Daniel Rin, menilai dengan kriteria diantaranya materi suara, intonasi, ritme, ekspresi, penampilan, kemampuan membaca notasi, wilayah suara, dan jenis suara.

Mewakili tim penilai Sukanly S, menyampaikan hasil keputusan tim penilai, yaitu telah memutuskan 4 orang sebagai pemenangnya, masing-masing pada jenis suara Sopran, Alto, Tenor dan Bass.

“Untuk jenis suara Alto, diraih oleh Batildis De Maria, pelajar asal Nunukan dengan jumlah nilai 1374,” ucap Sukanly S, Kamis (13/7/2023).

Untuk jenis suara Sopran diraih oleh Alya, pelajar dari Kabupaten Bulungan dengan jumlah nilai 1347, untuk jenis suara Tenor, diraih William Christian, pelajar dari kabupaten Tana Tidung dengan jumlah nilai 1441, dan untuk suara Bass, diraih Royur Viber Siwu, pelajar dari Kota Tarakan.

Sukanly S, menyebut ke 4 pemenang tersebut akan mewakli provinsi kaltara, bergabung dengan pemenang audisi dari Provinsi lain se Indonesia di Jakarta,  mereka akan mengikuti karantina selama dua minggu, selanjutnya akan diberikan pembekalan dan pembentukan karakter seperti disiplin, etika serta materi vokal untuk menunjang penampilan mereka nantinya.

“Saya berpesan agar adik-adik, selalu menjaga kesehatannya, jaga suara, lebih banyak belajar, dan jangan lupa selalu berdoa,”ujarnya.

4 Orang Pelajar Kaltara Yang Lolos GBN. (foto-Mulya)

Sementara itu panitia pelaksana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara, yang diwakilkan oleh Kabid Kebudayaan , Dedy Arifaini, menerangkan, Audisi Gita Bahana Nusantara merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan RI,di seluruh Indonesia.

Gita Bahana Nusantara sendiri telah dilaksanakan sejak 20 tahun lalu. Tampil sebagai paduan suara dan orkestra yang akan memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78 di Istana Negara ini terdiri dari 136 vokalis dan 70 pemusik terbaik hasil audisi dari 34 provinsi di Indonesia.

Dan tahun 2023 ini adalah penampilan terakhir di Jakarta Karena tahun 2024 mendatang  peringatan HUT RI akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN)  Kalimantan Timur.

“Untuh tahun ini adalah tahun terakhir digelar di Istana Negara Jakarta, dimana Hari Kemerdekaan RI ke 79, 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sehingga ini menjadi pengalaman tersendiri bagi para pemenang audisi tahun ini,” ungkap  Dedy Arifaini.

Pada kesempatan ini Dedy Arifaini berpesan, untuk pemenang audisi  agar melakukan persiapannya untuk ke nasional dengan terus berlatih vokal, menjaga suaranya serta kesehatannya, sehingga dapat tampil maksimal nantinya.

“Karena ini menjadi suatu kebanggaan sebagai perwakilan Kaltara yang tampil bersama pelajar se Indonesia bergabung dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara, Karenanya harus selalu menjaga kesehatan,” imbuhnya. (mld*DV)