Wujudkan Situasi Kondusif, TNI-Polri Laksanakan Patroli Jarak Jauh di Perbatasan Indonesia – Malaysia 

TNI-Polri Laksanakan Patroli Jarak Jauh di Wilayah Perbatasan, Sebatik, Sabtu (08/07/23). (Polres Nunukan)

NUNUKAN- Melakukan upaya Preemtif, sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada serta peduli situasi lingkungan yang berkembang, khususnya yang berada di wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia,  Sabtu (08/07/23), TNI-Polri melakukan patroli jarak jauh bersama.

Dipimpin Kasat Samapta Polres Nunukan AKP I Eka Berlin, S.H, personel berangkat dari Pulau Nunukan menuju ke Kec. Sebatik dengan menggunakan perahu penyebrangan dan membawa 5 (lima) unit kendaraan patroli roda dua.

Setiba di Kec. Sebatik, Kasat Samapta memberikan arahan kepada Tim Patroli Gabungan yang terdiri dari TNI, Brimob dan personel Sebatik Barat, terkait rute dan sasaran patroli.

Kasat Samapta menjelaskan, kegiatan patroli jarak jauh tersebut merupakan upaya preventif, untuk menekan dan menurunkan pelaku tindak pidana kejahatan. Serta melakukan upaya Preemtif, sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada serta peduli situasi lingkungan yang berkembang.

Silaturahmi dengan personel TNI-Polri yang berjaga di Pos-pos perbatasan Indonesia – Malaysia

Dalam Pelaksanaan Patroli, Tim  Gabungan juga menyambangi Kepala Desa yang ada di perbatasan, dan melakukan koordinasi sekaligus silaturahmi dengan personel TNI-Polri yang berjaga di Pos-pos perbatasan Indonesia – Malaysia.

“Personel gabungan juga melakukan pertemuan dan bersilaturahmi dengan Petugas Perbatasan PJA Polis Diraja Malaysia di Patok Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia,” ungkapnya.

Tidah hanya itu,  sembari patroli jarak jauh, personel juga singgah menyambangi warga yang dilewati, menghimbau dan mengajak warga masyarakat agar dapat berperan penting dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing.

“Kepada Masyarakat diharapkan tetap menjaga keharmonisan, menjaga kamtibmas jangan terpengaruh dengan isu-isu yang belum jelas sumbernya. Terlebih kita saat ini akan menghadapi Tahun Politik sehingga jangan gara-gara beda pilihan mengakibatkan permusuhan dan perpecahan”, pesanya.

Dengan harapan adanya kegiatan patroli gabungan ini, soliditas antara TNI-Polri dapat terus terjaga dan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Nunukan dapat semakin kondusif dan aman. (mld*)