KUPP Sungai Nyamuk Gelar Rapat Koordansi Pembentukan Posko Terpadu Angkutan Nataru

SEBATIK- Menindak lanjuti Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : IR-DJPL 4 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan angkutan laut natal 2022 dan tahun baru 2023, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk Syaharuddin, melakukan rapat koordinasi antar stakeholder hari rabu tanggal 14 Desember 2022 di ruang rapat ambalat guna membentuk Posko Terpadu angkutan laut Nataru 2022/2023 yang berpusat di Terminal Penumpang Sungai Nyamuk Sebatik.

Dalam rapat koordinasi ini hadir Danramil Sebatik, Kapolsek Sebatik, Danposal Sungai Pancang, SKPT,SKPD,Karantina Kesehatan Pelabuhan,Karantina Tumbuhan,Karantina Hewan, Imigrasi, Bea Cukai, Dinas Perhubungan Kab Nunukan, Dinas Pemadam Kebakaran, BPPW Kaltara,BPTD Wilker Sebatik,Jasa Raharja, Para agen Perusahaan Pelayaran dan Ketua Koperasi TKBM sebatik Indonesia.

Syahruddin, menjelaskan, dengan dibentuknya posko terpadu ini kami berharap adanya sinergitas antar instansi sehingga masyarakat dapat terlayani lebih baik, khususnya bagi yang akan mudik natal atau yang akan berlibur kedaerah lain diluar pulau sebatik dengan menggunakan transportasi laut.

Dalam rapat pembentukan posko Nataru 2022/2023 juga dibentuk tim SAR bila terjadi keadaan darurat dengan melibatkan unsur SAR yakni kapal Patroli KPLP, kapal Patroli TNI AL, Mobil ambulance KKP serta Pemadam Kebakaran bila terjadi kebakaran di wilayah pelabuhan.

Dalam rapat tersebut kami juga meminta kepada agen pelayaran untuk menyiapkan Speed boat cadangan bila terjadi trouble mesin atau terjadi lonjakan penumpang menjelang Natal dan tahun baru.

Syaharuddin berharap angkutan natal dan tahun baru kali ini semoga dapat berjalan dengan lancar ,selamat, tertib dan aman serta tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19, pungkasnya.(*ml)