PDAM Tirta Alam Setorkan Dividen Rp 8.164 M, Walikota Tarakan Berikan Apresiasi

TARAKAN –  Bertempat di gedung serbaguna Pemerintah Kota Tarakan, selasa (03/01/2022), Alam Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Tarakan menyetorkan Dividen Rp 8,164 Miliar ke Pemkot Tarakan.

Penyerahan secara simbolis  Dividen Rp 8,164 Miliar tahun 2021  langsung oleh Dirut PDAM Tarakan, Iwan Setiawan kepada Walikota Tarakan Khairul.

Dirut PDAM Tarakan, Iwan Setiawan mengatakan sejak PDAM berdiri baru 2 tahun terakhir PDAM mampu memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah.  Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 4,3 Miliar.

“Melihat dari kinerja keuangan PDAM 2022 ini, Insya Allah bisa Rp 10 Miliar, mungkin bisa lebih dari itu,” ujarnya kepada media.

Untuk mencapai target tersebut berbagai upaya dilakukan manajemen PDAM Tarakan, pertama melakukan efisiensi dan reklasifikasi golongan pelanggan PDAM.

Kemudian, meningkatkan efektivitas penagihan dan pembayaran, lalu meminimalisir kebocoran dan pencurian air, sehingga lebih banyak air yang dijual ke pelanggan, tegasnya.

Selain itu, penyerahan Dividen ini tepat 3 tahun masa kepemimpinan Walikota Tarakan Khairul dan Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto yang dilantik pada 1 Maret 2019 lalu.

Walikota Tarakan Khairul mengatakan Rp 8,1 Miliar yang disetor PDAM Tarakan merupakan prestasi capaian target yang sebelumnya sudah dihitung dan masuk APBD.

Walikota Tarakan mengapresiasi jajaran manajemen PDAM Tarakan dimana tahun 2021 setoran nya meningkat dibandingkan tahun 2020, dari Rp 4,3 Miliar menjadi Rp 8,164 Miliar.

Menurutnya, ini karena terjadi perbaikkan manajemen lingkup PDAM, karena saya berterimakasih kepada Direktur, Kabag dan semua pejabat struktural yang suda bekerja dengan baik,” ucapnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Tarakan juga menerima penghargaan dari Pemkot Tarakan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang telah memberi kontribusi terhadap penguatan Smart City melalui aplikasi TirtaAlamKu.

Aplikasi TirtaAlamKu adalah aplikasi yang murni dikembangkan oleh tim IT PDAM yang berguna menunjang dan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pelayanan air bersih dari pengaduan, pendaftaran, catat meter mandiri, informasi pemakaian dan riwayat pemakaian serta pembayaran tagihan. (*ml)