Menjelang Idul Adha, 200 Kambing Asal Majene Dipastikan Sehat Masuk Berau

Tarakan – Berbicara mengenai Iduladha, tentu tidak jauh dari membahas tentang hewan kurban. Hewan yang biasa dijadikan kurban seperti sapi, kambing dan domba tentunya harus dipastikan kesehatannya. Di kabupaten Berau, pasokan sapi dan kambing umumnya berasal dari Sulawesi yang diangkut menggunakan kapal kayu. Pemasukan sapi dan kambing dari Sulawesi tersebut rutin setiap bulan dan pasti meningkat menjelang Iduladha.
Rabu (07/07), Pejabat Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Berau melakukan pemeriksaan terhadap kambing sebanyak 200 ekor dari Majene. Pasokan kambing ini merupakan persiapan hari raya Iduladha pada 20 Juli mendatang. Setelah dilakukan pemeriksaan, dinyatakan dokumen persyaratan lengkap dan hewan sehat sehingga dapat diterbitkan sertifikat pelepasan (KH-14).
Secara terpisah, Akhmad Alfaraby selaku Kepala Balai Karantina Pertanian Tarakan mengatakan bahwa penyediaan hewan kurban yang aman dan sehat merupakan tanggung jawab bersama, sehingga pengawasan terus dilakukan di pintu pemasukan dan pengeluaran. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, agar logistik hasil peternakan dan pertanian tidak terkendala meskipun dalam kondisi pandemi.(*)