Penguatan Pemberitaan dan Pengawasan, Bawaslu Konsolidasi Dengan Media

TARAKAN – Dalam rangka penguatan pemberitaan dan juga kolaborasi media jelang Pemilihan Umum Serentak 2024, Bawaslu RI gelar Kegiatan konsilidasi media, Sabtu (15/06/2024) di Cafe Malabar Tarakan.

Ketua panitia Nur Fauzy, yang juga staf humas Bawaslu RI mengatakan, Kegiatan ini Alhamdulilah merupakan impian bersama yang dilakukan oleh Bawaslu RI dalam rangka penguatan pemberitaan dan juga kolaborasi media, Bawaslu dan Masyarakat tentunya seperti yang kita tau bersama media menjadi garda terdepan dan wajah Bawaslu untuk kemudian memberikan informasi yang objektif dan akurat.

Ketua panitia Nur Fauzy

“Kegiatan ini juga di hadiri oleh 100 peserta, terdiri 70 dari media masa, 10 dari mahasiswa kemudian pegiat pemilu 10 orang dan 10 orang dari Bawaslu Provinsi Kaltara. yang juaga akan diisi dengan sesi dialog interaktif dengan mengahdirkan pembicara Akbar Budi Prasetia dari Sekjen Koalisi Pewarta Indonesia dan H. Rachmat Rolau, Dewan Kehormatan (DK) PWI Kaltara dengan moderator Nur Rahman Syahroni,”jelas Nur Fauzy.

Kegiatan ini dilakukan serentak di 5 titik berbeda di Indonesia, tidak hanya di Kaltara , juga digelar di Sulbar, Sulteng, Sulsel dan juga nanti di Gorontalo, ini merupakan kegiatan gelombang ke enam yang telah dilakukan bawaslu RI dalam rangka penguatan pemberitaan dan juga kolaborasi dengan media.

“Harapannya ke depan masyarakat memiliki pemahaman mengetahui proses pemilu juga mendapat informasi yang benar juga objektif. Selanjutnya kita juga ingin mengoptimalkan kegiatan konsolidasi media sebagai momentum untuk menyebarkan nilai dan citra kelembagaan Bawaslu dan juga mendekatkan Bawaslu kepada masyarakat yang sedekat-sedekatnya, dengan bergandengan tangan kita bisa sinergi untuk bisa berkolaborasi antara media dan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Arif Rochman, humas Bawaslu Provinsi Kaltara, mengapresiasi acara penguatan pemberitaan dan pengawasan tahapan pemilu serentak 2024.

Arif Rochman

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Bawaslu RI yang telah hadir di Kaltara mudah-mudahan kehadiran Tim Bawaslu RI di Kaltara ini dalam rangka penguatan lembaga dengan media baik cetak, elektronik maupun media sosial nantinya kemanfaatan,” ujar Arie.

“Kemudian yang kedua kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman sahab-sahabat media yang telah meluangkan waktu yang membersamai tim Bawaslu RI dalam rangka ikhtiar untuk bisa menciptakan pemilihan di 2024 yang sesuai dengan nilai-nilai demokratis. Bahwa kami juga ingatkan kembali 27 november di Indonesia, di seluruh provinsi dan kaltara kabupaten/kota insyaallah melakukan hajatan besar terkait pemilihan Gubernur, walikota, Bupati di 2024 peran media sangat mulia untuk bisa menciptakan pemilu dan juga demokratis yang bersifat asas langsung umum bebas rahasia bebas jujur dan adil,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Arif juga menyampaikan ucapkan terimakasih kepada teman-teman media insyaallah mahkota media kita baca di setiap berita ada empat fungsi pemberian informasi ada fungsi internet.

” Media sebagai fungsi kontrol, dan lain sebagainya itu akan bisa menjadikan masyarakat kita itu semakin semangat untuk bisa menerima informasi tersebut dan nantinya bisa menciptakan pemilihan yang demokratis,” pungkas Arif.(mld*)