Perayaan HUT Kabupaten Malinau ke 25 Dimulai

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus

MALINAU, – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malinau ke 25 tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana, lantaran pada perayaan HUT di tahun lalu dibarengi dengan pelaksanaan IRAU 2023. Sepekan ini, sejak 21 hingga 26  Oktober akan dimulai perayaannya di Malinau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus menuturkan pembukaan dilakukan pada 21 Oktober malam ini. Dilanjutkan setiap malam hingga 25 Oktober akan diisi sejumlah kegiatan dengan dihadiri artis ibukota.

“Besoknya kita beri kesempatan fashion show, karena kita tetap memberdayakan hasil produksi daerah. Kemudian hari berikutnya akan ada band lokal dan pagelaran kesenian. Tapi, tidak ada pertandingan antar etnis atau lainnya. Kita berikan kesempatan seluas-luasnya sanggar tari dari etnis agar bisa tampil,” tuturnya.

Pada fashion show nantinya, sudah diumumkan secara terbuka siapapun bisa ikut. Mewakili kelompok atau sekolah dan umum misalnya. Dibuka pendaftaran, untuk kejelasan perwakilan dan yang akan tampil.

“Kita juga ada pertandingan KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia), pertandingan olahraga tradisional. Boleh diikuti antar kelompok atau lembaga, silahkan ikut. Nanti di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) teknisnya,” beber Ernes.

Artis ibukota yang akan dihadirkan juga akan terbagi dalam tiga hari ini, di setiap malamnya. Selanjutnya di 25 Oktober dijadwalkan akan didatangkan para pemuka agama, mulai dari Ustad Dasad Latif, Pendeta Gilbert dan dari Katolik, Budha dan Hindu.

“Semua pemuka agama ini akan diberi satu panggung untuk berbicara dan menyampaikan bagaimana sesuai dengan tema, Bagaimana Merajut Sebuah Keberagaman, Kasihlah Tuhan Allahmu, Penciptamu, dan Kasihlah Sesamamu. Saya pikir tema itu dimiliki semua agama,” ungkapnya.

Pada hari di tanggal 25 ini juga, diharapkan semua masyarakat dan pemuka agama bersama-sama. Dibuktikan dengan merajut keberagaman. Hingga akhirnya di penutupan kegiatan 26 Oktober pagi akan dilakukan Paripurna Istimewa DPRD Malinau.

Diharapkan semua pihak bisa hadir, dirangkai dengan sambutan dari Pjs Bupati Malinau sekaligus penetapan terhadap paripurna tersebut.

“Nah malamnya (26/10/2024) akan ada artis grup band Slank. Mari kita datang, informasi terakhir Slank akan bawa 22 lagu di Malinau. Ini kebahagiaan tersendiri, harapan kami masyarakat Malinau, Tana Tidung, Bulungan dan Tarakan ayo sama-sama kita nikmati hiburan masyarakat,” ajaknya.

Ia pun memberikan catatan, akan tetap memberikan kesempatan kepada UMKM di Malinau untuk berdagang di lokasi yang sudah disiapkan panitia. Meski dikemas sederhana, ia yakini para UMKM yang ikut berjualan akan mendapatkan rezeki yang luar biasa.

“Supaya bisa memberdayakan. Penonton jadi datang dan makan. Semua rangkaian kegiatan ini, selama seminggu ulang tahun kami manfaatkan,” tandasnya. (*)