Panen Padi Bersama, Bustan: Pengendali Inflasi dari Sektor Pertanian

TARAKAN – Kelompok Tani Mapan Sejahtera Tarakan berhasil melakukan penanaman padi varietas Biosalane.

Kegiatan penanaman padi varietas ini merupakan yang pertama dikembangkan oleh kelompok Tani ini di Provinsi Kalimantan Utara. Dan panen perdana padi ini pun dilakukan, Kamis (15/08/2024).

Proses panen ini berlangsung di Kelurahan Mamburungan dengan hasil panen berupa gabah padi mencapai 5,46 ton per hektar di lahan sawah seluas 1,25 hektar.

Selain dihadiri oleh Pj Walikota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.SI, panen padi bersama juga diikuti Komandan Kodim 0907 Tarakan, Dinas Pertanian, Camat Tarakan Timur, Lurah Mamburungan,  PT Medco E&P Tarakan dan Bank Indonesia perwakilan Kaltara.

Bustan mengatakan, peran pemerintah Kota Tarakan dan Provinsi Kalimantan Utara kepada petani adalah memberikan bantuan benih padi varietas Biosalane yang kini telah bisa dilihat hasilnya. Dan dukungan berbagai pihak petani bisa melakukan panen dengan hasil bagus.

“Semoga terus berkelanjutan bantunya khususnya dari Pemerintah Provinsi atau Gubernur, sehingga hasil panen padi petani terus ada peningkatan. Dan di tahun 2025 tidak hanya akan diberikan lagi bantuan benih tapi juga pupuk akan diberikan untuk meningkatkan produktifitas”, ujarnya.

Ditambahkannya lagi, kehadiran berbagai pihak pada hari ini bentuk sinergi, bagian upaya konkrit dalam pengendalian inflasi di kota Tarakan.

“Ini bagian upaya konkrit kita dalam pengendalian inflasi di Kota Tarakan,kita tau dari padi ke beras komoditas penting dari bagian kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat, sehingga apa yang dilaksanakan pada hari ini bisa memenuhi kebutuhan pangan kita, bai di Tarakan maupun di Kaltara, sehingga kita mudahan kedepan sebagaimana yang diharapkan bersama tidak lagi terlalu banyak tergantung dari daerah lain, semoga ini terus berkebang berkat sinergitas kita bersama dalam rangka pengendalian iflasi”, tuturnya.