Mendukung Ketahan Pangan, Kodim 0907 Tarakan Turut Panen Padi Bersama

TARAKAN – Kamis 15 Agustus 2024, puluhan prajurit TNI AD dari Kodim 0907 Tarakan terlihat turun ke sawah melakukan panen padi bersama para petani dari kelompok Tani Mapan Sejahtera, Mamburungan.

Mereka melakukan panen padi bersama, di lahan sawah seluas satu hektar, mulai pemotongan, pengumpulan kedalam karung hingga mengangkutnya ke lokasi penyimpanan.

Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Kav Jhon B.C  Simarmata, M.Han . menuturkan kehadiran TNI pada Panen bersama ini sebagai bentuk pelaksanaan 5 unggulan Kasad, salah satunya adalah menjaga ketahan pangan, dengan mengimpletasikannya bersama-sama mulai pendampingan saat penanaman hingga panen bersama.

“Ketahan pangan melalui padi ini merupakan kebutuhan pokok, agar tidak berketergantungan beras dari luar daerah terlebih ketika pasokan kurang karena faktor cuaca dan lainya”, ujar Dandim.

Dandim juga menjelaskan kerjasama ini juga sebagai bentuk dukungan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dari pemerintah kota dan pemerintah provinsi.

“Jadi apa yang kami bisa lakukan di depan mata itu langsung kami lakukan untuk membantu kelompok tani, tidak hanya petani padi tapi juga petani lainya yang ada di wilayah lain di kota Tarakan”, terangnya.

Pada kesempatan ini Dandim juga menyampaikan bahwa dukungan kepada petani juga ada program optimalisasi lahan dan pipanisasi atau pengairan.

“Kedepan yang akan dilakukan optimalisasi lahan dengan pipanisasi, kita sudah berkoordinasi dengan Dinas pertanian dan Pemkot, bila peralatan datang kita akan melakukan pemasangan. Manfaat dan tujuan membantu petani dalam bidang pengairan”, imbuhnya. (mld*)