KPU Tetapkan 30 Kursi DPRD Kota Tarakan

Penyeran SK Penetapan kepada Partai Politik oleh KPU Tarakan, (16/08/2024). (mld)

TARAKAN – Bertempat di ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, ditetapkan jumlah perolehan kursi Partai Politik di DPRD kota Tarakan.

Penetapan dilaksanakan pada Rapat Pleno Terbuka, Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tarakan Pada Pemilihan Umum Tahun 2024, Jumat (16/08/2024).

Rapat pleno penetapan selain dihadiri seluruh anggota KPU Kota Tarakan, juga dihadiri Pj. Walikota Tarakan, Komandan Kodim 0907, Perwakilan Polres Tarakan, kepala Kesbangpol Tarakan, Bawaslu Tarakan dan perwakilan Partai Politik.

Ketua KPU Kota Tarakan, Dedi Herdianto mengatakan, Penetapan perolehan kursi DPRD Kota Tarakan hasil rekapitulasi Pemilu tahun 2024 yang lalu sudah lama dinanti pengurus partai, dan hari ini bisa terlaksana.

“Kita bersyukur arahan dari KPU RI dan KPU Provinsi, telah kita terima sehingga penetapan bisa dilaksanakan hari ini, Alhamdulillah sudah terjawab. Sehingga perjalanan tatanan pemerintahan di legislatif bisa berjalan kembali”, ujarnya.

Dedi juga berharap dengan penetapan ini, semua pihak dapat menerima, demi terciptanya rasa aman dan kondusifitas di kota Tarakan.

Berikut nama Partai dan jumlah perolehan kursi di DPRD kota Tarakan yang dibacakan anggota KPU Kota Tarakan, Asriadi.

Dapil 1, Tarakan Tengah 9 Kursi: PKB – 1, Gerinda -1, PDI Perjuangan – 1, Golkar – 1, Nasdem – 1, PKS – 1, PPP – 1, PAN – 1, Demokrat – 1.

Dapil 2, Tarakan Timur 7 Kursi: PKB – 1, Gerinda – 1, PDI Perjuangan – 1, Golkar – 1, PKS – 1, Demokrat – 1, PPP -1.

Dapil 3, Tarakan Barat 10 kursi: PKB – 1, Gerinda – 2, PDI Perjuangan – 1, Golkar – 1, Nasdem – 1, PKS – 1, Hanura – 1, PAN – 1, Demokrat – 1.

Dapil 4, Tarakan Utara 4 Kursi: Gerinda – 1, PDI Perjuangan – 1, Hanura – 1, Demokrat – 1.

 Berikut jumlah perolehan total kursi Partai:  Gerinda 5 kursi, PDIP 4 kursi, Demokrat 4 Kursi, PKB 3 kursi , Golkar 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi, Hanura 2 kursi, Nasdem, 2 kursi, PPP 2 kursi.

Pada kesempatan ini, Dedi juga berharap dengan penetapan ini, semua pihak dapat menerima, demi terciptanya rasa aman dan kondusifitas di kota Tarakan menjelang Pilkada November 2024 mendatang. (mld)