Sosialisasi Elektronifikasi Transaksi Telah Sampai di Tingkat Kecamatan dan Desa.

TARAKAN – Sosialisasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Kabupaten Nunukan sudah sampai di tingkat Kecamatan dan Desa. 

H Asmar Said, SE MAP Asisten Perekonomian dan Pembangunan ,menyampaikan hal tersebut pada sesi presentasi Pemerintah Daerah dalam High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kota Tarakan Senin (22/07/2024).

Ada beberapa poin yang disampaikan pada presentase itu, diantaranya monitoring capaian realisasi transaksi keuangan daerah non tunai, pemetaan keaktifan kontribusi terbesar dan terendah jenis pajak/retribusi, upaya yang telah dilaksanakan dalam ETPD, isu dan tantangan yang dihadapi, rencana program unggulan dan penguatan regulasi yang akan dilaksanakan. 

Terhadap keseluruhan poin itu, dapat dipetik disini beberapa diantaranya, adanya sosialisasi ETPD yang sudah sampai ditingkat kecamatan dan desa. 

“Sosialisasi ETPD di Kecamatan Se-pulau Sebatik dan pelatihan pada aparatur desa se-pulau Sebatik,” ungkapnya. 

Kendati telah melakukan banyak hal, penerapan dalam implementasi ETPD ini terdapat tantangan,yaitu masih rendahnya minat masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak dan retribusi secara digital atau  non tunai. 

“Melalui program unggulan seperti penerapan sistem SI ANAK CERDAS sebuah proyek inovasi Kaban Bapenda, pemerintah desa dapat melakukan pendaftaran, pencetakan SPPT PBB-B2 sampai dengan pembayaran dilakukan di desa melalui Agen Bankaltimtara, karena disetiap desa ada satu operator sistem dan satu Agen Bank Kaltimtara,” jelasnya.

Untuk mendukung program tersebut, H Asmar mennjelaskan telah disusun draft Perbup pelimpahan sebagian kewenangan  Pengelolaan Pajak Daerah kepada Pemerintah Desa. 

Selain itu, juga segera diterbitkan surat edaran Bupati tentang imbauan kepada seluruh ASN untuk melakukan pembayaran pajak SPPT-P2 secara digital melalui Gentax atau DG Bankaltimtara. 

Pada acara ini hadir mendampingi H Asmar adalah Direktur Bankaltimtara Cabang Nunukan Agus Siswanto, Kadis Kominfo Nunukan Kaharuddin, Pejabat Fungsional Bapenda Hamzah Haris.

Acara berlangsung satu hari, dibuka dan ditutup Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Propinsi Kaltara H Datuk Iqro Ramadhan dan dihadiri utusan Propinsi Kaltara dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltara. (*)