Aliansi Pembudidaya Rumput Laut Demo ke DPRD Nunukan

aksi demo petani rumput laut. istimewa)

NUNUKAN – Ratusan massa dari Aliansi Pembudidaya Rumput Laut (APRL) Kabupaten nunukan dan Eksekutif Liga mahasiswa untuk demokrasi (LMND) Nunukan  melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD, Senin(15/07/2024) pagi.

Kehadiran mereka mayoritas merupakan para pembudidaya rumput laut di Pulau Sebatik dan sebagian lagi dari Mamolo (Kec. Nunukan Selatan serta dari Tanjung Sei Menteri (Kec. Nunukan), dibawah pengaman dari TNI dan Polisi serta Satpol PP,  disambut wakil ketua DPRD dan anggota, untuk menyampaikan  keluhan para petani rumput laut karena semakin turunnya harga beli rumput laut dari para petani.

“kami hadir disini bersama para pelaku pengusaha dan petani rumput laut untuk menyampaikan keinginan kami agar harga rumput laut kembali normal, karena Para petani rumput laut di nunukan kini dihadapkan  dengan semakin turunnya harga beli rumput laut dari para petani, yang tentunya berdampak terhadap ekonomi mereka” ucap Koordinator aksi, Sultan saat berorasi.

“Meminta pemerintah memperbaiki tata niaga supaya bisa kembali menormalkan harga rumput laut termasuk menindaklanjuti temuan reses DPRD Nunukan di eksportir Makassar beberapa waktu lalu”, tambahnya.

Sultan pun menyampaikan keluhan petani akan keamanan,  meminta aparat kepolisian melakukan pencegahan terhadap banyaknya pencurian dan pemotongan tali jangkar pondasi budidaya di laut.

“Kami keluhkan juga pencurian yang kini semakin marak, tali bentang berisi rumput laut kerap hilang, karenanya  apabila aparat tidak cepat bertindak melakukan pencegahan, maka APRL Kabupaten Nunukan akan lakukan sweeping untuk mencari orang yang melakukan pencurian,” tegasnya.

Sementara dari LMND, Jefri Lamadike meminta kepada anggota DPRD Nunukan agar dapat menerima para petani untuk bermusyawarah mengenai turunya harga rumput laut.

“ kami mengharapkan bisa duduk satu meja dengan anggota DPRD melakukan dengan pendapat atas keprihatinan yang dialami para petani rumput laut,” tuturnya.

 Keinginan  para demonstran tersebut  direspon oleh Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Saleh SE, dengan menyatakan siap menampung segala aspirasi para petani rumput laut Wakil melalui Rapat Dengar Pendapat.

Mendengar pernyataan tersebut,    para demonstran akhirnya menghentikan aksinya dan menuju ruang Ambalat I untuk menggelar RDP dengan Anggota DPRD. (mld*)