Arrester Pecah, Akibatnya Listrik Padam di Wilayah Tarakan

TARAKAN- Sabtu (29/06/2024) malam Petugas PLN Tarakan terlihat melakukan Penggantian Arrester yang terpasang atas trafo  listrik wilayah jalan gunung bata, kelurahan Selumit.

Dan foto dan video petugas melakukan perbaikan dan penggantian arrester yang sebelumnya dikabarkan meledak dan terbakar  tersebar di media sosial.

Berbagai informasi disampaikan baik di Instagram maupun Facebook serta grup WhatsApp.

“Ada yg mengatakan ternyata ini penyebab mati listrik se Tarakan”

Ya diduga  arrester tersebut pecah yang mengakibatkan listrik di Tarakan padam.

Pemadaman listrik terjadi di seluruh Kota Tarakan. Mendapatkan perhatian dari Penjabat Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi perbaikan arrester dan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tarakan.

Dalam kunjungan ini, Pj. Wali Kota mendapatkan informasi dari Asisten Manajer Operasi PLTD, yang mengungkapkan pemadaman listrik ini disebabkan oleh gangguan jaringan akibat adanya arrester yang pecah atau terbakar, yang berdampak pada pembangkit listrik dan mengakibatkan blackout pada seluruh sistem.

Sementara dari pihak Humas  PLN Tarakan sendiri juga telah mengeluarkan rilis yang mengatakan sedang terjadi padam meluas pada sistem kelistrikan di wilayah Tarakan.

Dan saat ini  dalam tahap Recovery (penormalan) sistem secara bertahap oleh petugas di lapangan.

Dalam keterangan rilis juga disampaikan “Jika tidak ada kendala dalam proses penormalan maka sistem kelistrikan diupayakan untuk bisa pulih kembali”. (mld)