Mendorong Ekonomi Sebatik Melalui Jasa Pengelolaan Transportasi Laut yang Lebih Baik

SEBATIK – Guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III sungai nyamuk bersama Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara menyerahkan izin operasional Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) ke PT.Bumi Sejahtera Sebatik Transport, ditandai dengan peresmian pengguntingan pita bersama-sama, pada Rabu (08/05/2024).

Muhammad Japar selaku PT. Bumi Sejahtera Sebatik Transport, mengatakan pihaknya akan berupaya untuk melakukan pengelolaan manajemen yang baik agar Jasa pengurusan transportasi dimaksud bisa berjalan dengan baik di pelabuhan sungai nyamuk di bawah binaan Syahbandar / KUPP.

“Jasa pengurusan transportasi ini merupakan usaha yang ditujukan untuk semua  kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan melalui angkutan darat maupun laut,”ujar Japar.

Pelaksanaan pengelolaan transportasi barang di pelabuhan ini Melalui Peraturan Menteri Perhubungan No  PM 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan angkutan di perairan dimana salah satunya mengatur tentang JPT.

“Kedepan kami berharap tidak ada adal agi kendaraan yang beroperasi di wilayah pelabuhan yang tidak dibawah pengelolaan Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi sehingga kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal bisa tertib, lancar dan teratur serta punya tanggung jawab yang jelas terkait pengiriman atau penerimaan barang,” ungkapnya.

“selama ini kami melihat tidak ada yg bertanggung jawab terhadap kerugian dalam angkutan bila terjadi kecelakaan kapal atau hilangnya barang yang efeknya terjadi kerugian harta benda bagi pemilik barang, semoga ini tidak terjadi lagi dengan telah adanya pengelola ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor unit penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sei Nyamuk, Syaharuddin, mengungkapkan, dengan adanya JPT ini dan yang pertama kalinya di sebatik juga dapat membuka lapangan pekerjaan seta dapat membantu mendongkrak ekonomi,  maju tumbuh dan berkembang sehingga warga perbatasan dapat berdampak secara positif.

Syaharuddin juga mengatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk akan  selalu Optimis melakukan perubahan , edukasi dan Motivasi untuk kemajuan Transportasi Laut di Indonesia sebagaimana slogan perhubungan laut yaitu “OPTIMIS” outcome, Profesional, Tangguh, Inisiatif, Melayani, Integritas dan Sinergitas.

“Kami juga sangat berharap dukungan dari segala pihak baik pemerintah kecamatan hingga kabupaten serta stakeholder, pengusaha, tokoh masyarakat untuk mewujudkan pelabuhan yang tertib teratur aman nyaman dan tepat sasaran,”imbuhnya.(*)