KPU Nunukan Siap Menerima Penyerahan Berkas Calon Jalur Perseorangan Calon Bupati

Ketua KPU Nunukan Rico Ardiansyah, S. Pd (DV*)

NUNUKAN –  Jelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak  pada  27 November 2024 mendatang, sejumlah partai politik telah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah, mulai tingkat kabupaten dan kota hingga provinsi.

Dan untuk bakal calon perseorangan komisi pemilihan umum (KPU) juga siap menerima penyerahan berkas  persyaratan dukungan calon mulai tanggal 5 Mei 2024 hingga tanggal 9 Agustus 2024 mendatang.

Di Kabupaten Nunukan menuju Pelaksanaan Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2028, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan membuka jadwal penerimaan penyerahan berkas dukungan bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati lewat jalur perseorangan. Untuk bisa maju sebagai calon perseorangan, tentunya dengan persyaratan minimal harus mendapatkan dukungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Nunukan.

Ketua KPU Nunukan Rico Ardiansyah, S. Pd., mengatakan sosialisasi penyerahan dukungan pencalonan perseorangan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nunukan dalam pemilihan serentak Nasional Tahun 2024, fundamental dalam acara ini KPU memberikan peluang yang sebesar-besarnya yang ingin ikut dalam kontestasi pemilihan kepala Daerah melalui jalur perseorangan.

“Ini untuk memberikan kesempatan siapapun itu, yang punya keinginan maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur perseorangan,” ujarnya,  pada Sosialisasi Penyerahan Dukungan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nunukan dalam pemilihan serentak Nasional tahun 2024, di Café 93, pada Kamis (02/05/2024) malam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Kesbangpol Kabupaten Nunukan, Hasan Basri,  perwakilan Polres Nunukan, Bawaslu, perwakilan partai politik, tokoh Agama, tokoh masyarakat, Akademisi, dan HIPMI.

Rico Ardiansyah juga menerangkan, untuk jalur perseorang  wajib mendapatkan 10 persen dukungan dari   DPT Kabupaten Nunukan 146.242. Dan persyaratan perolehan dukungan 50 Persen lebih jumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan.

 “Dukungan minimal 10 persen dari jumlah DPT. Artinya bagi yang ingin menggunakan tiket perseorangan harus memiliki 14.624 dukungan minimal, dan itu minimal tersebar di 11 kecamatan, dari 21 kecamatan yang ada di Kabupeten Nunukkan, tentunya dengan bukti foto copy KTP dalam bentuk softcopy dengan format JPEG atau PDF” ungkapnya.

Menurut Rico berkas  persyaratan oleh KPU akan ada verifikasi faktual terhadap setiap KTP yang disetorkan .

 “Satu persatu akan kita konfirmasi faktual kepada pemilik KTP, KPU akan turun ke lapangan untuk mengecek pemilik KTP apakah benar telah memberikan dukungan kepada calon tertentu atau tidak. Jika tidak maka dukungan akan dianulir,” pungkasnya.(DV*)