Kelompok Kesenian Tulung Agung Bersyukur dapat Perhatian Langsung dari Gubernur Kaltara

BANTUAN: Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang Bersama Ketua Pembina Kelompok Kesenian Tulung Agung, Desa Tanjung Buka, Eko saat menyerahkan bantuan.

TANJUNG SELOR – Di sela-sela kunjungan kerja ke Desa Tanjung Buka beberapa waktu yang lalu. Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang tidak hanya memberikan bantuan sambungan listrik secara gratis kepada masyarakat.

Namun juga memberikan bantuan untuk kelompok kesenian setempat untuk kelestarian kesenian khas Tulung Agung.

Menariknya, bantuan ini diberikan langsung kepada Zainal Arifin Paliwang setelah mengetahui bahwa kelompok kesenian tari Desa Tanjung Buka merupakan kelompok kesenian yang berdiri secara mandiri.

“Saya tidak ada maksud apa-apa, tapi ini murni kepedulian saya yang melihat semangat masyarakat di sini dalam melestarikan kesenian lokal yang mereka bawa dari kampung halaman,” kata Gubernur Zainal, Sabtu, 6 Januari 2024.

Gubernur mengaku cukup terkejut melihat penampilan kelompok kesenian Tulung Agung, Desa Tanjung Buka yang didominasi dengan para orang tua tanpa ada satupun anak muda yang bergabung.

Sehingga dengan adanya bantuan secara pribadi sebesar Rp 5 juta itu diharapkan mampu menjadi modal awal kelompok tari Tulung Agung dalam mengembangkan kelompok dan menggaet kaum muda sebagai salah satu pewaris kesenian lokal.

“Akan percuma jika kesenian lokal kita, tidak kita wariskan kepada generasi muda dan generasu muda juga wajib peduli dengan kebudayaan dan keseniannya,” harapnya.

“Harapan kita ke depan kelompok kesenian ini dapat berkembang dan itu harus kita suport, sebagai bentuk mitra masyarakat bersama pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pembina Kelompok Kesenian Tulung Agung, Desa Tanjung Buka, Eko mengaku tidak menyangka kelompok seninya tersebut mendapat perhatian langsung orang nomor satu di Kaltara.

Menurutnya, selama ini kelompok keseniannya hanya berdiri secara mandiri dan kurang mendapat perhatian. Sehingga dengan adanya suport dari Gubernur Kaltara ia berharap kelompok keseniannya dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

“Saya tidak menyangka karena beliau langsung merespon dan membantu kita, tentu saya bersama anggota sangat bersyukur dan berterima kasih kepada beliau. Dan kita juga mendoakan yang terbaik untuk Gubernur Kaltara,” pungkasnya. (*/tmz)