Lapas Nunukan Gelar Bersih-Bersih Lingkungan Bersama Koramil dan Kecamatan

NUNUKAN – Berlokasi di area jalan raya Mansapa, Nunukan Selatan Lapas Nunukan, Koramil Nunukan Selatan, dan instansi pemerintahan setempat, khususnya Kecamatan Nunukan Selatan.Kamis, tanggal 30 November 2023, telah dilaksanakan kegiatan bakti sosial kebersihan lingkungan.

Kalapas kelas IIB Nunukan, Puang Dirham mengatakan, Bakti Sosial yang dilaksanakan  masih dalam rangka HUT KORPRI yang ke-52.

Dilaksanakan Setelah apel, para peserta dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari warga binaan, anggota Koramil, Bhabinkamtibmas dan petugas Lapas, serta dibantu oleh perwakilan dari Kecamatan Nunukan Selatan. Masing-masing kelompok diberikan tanggung jawab untuk membersihkan area tertentu di sepanjang jalan raya.

 

“ Kegiatan ini merupakan bagian dari program rehabilitasi dan reintegrasi sosial yang bertujuan untuk membangun keterlibatan positif warga binaan dalam masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan positif warga binaan, memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat dan membangun keterampilan positif,”ujarnya.

Puang Dirham pun menambahkan  “kegiatan ini untuk meningkatkan keterlibatan petugas Lapas, membangun hubungan yang positif antara petugas Lapas dan warga binaan untuk menciptakan lingkungan rehabilitasi yang kondusif. Dan yang paling utama, memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar, membersihkan area jalan raya di sekitar Lapas untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan serta keamanan dan kenyamanan berkendara.”

Dan pada kesempatan ini Puang Dirham pun menyampaikan terima kasih atas kehadiran serta dukungan yang diberikan oleh Koramil Nunukan Selatan, Kecamatan Nunukan Selatan, dan Bhabinkamtibmas Wilayah Nunukan Selatan.

“Saya atas Nama Lapas Nunukan menyampaikan terima kasih kepada Danramil Nunukan Selatan dan anggota, Ibu Camat dan anggota, serta Bhabinkamtibmas atas partisipasinya dalam kegiatan ini, kehadiran anggota Koramil dan perwakilan dari unsur muspika Kecamatan Nunukan Selatan bukan hanya sekedar dukungan fisik dalam kegiatan bakti sosial, tetapi juga simbol dari komitmen bersama dalam menciptakan masyarakat yang peduli dan mendukung reintegrasi warga binaan ke dalam lingkungan sosial” ucapnya.

Danramil Nunukan Selatan, Bapak Samsul Hadi juga menyampaikan berterima kasih telah diundang berpartisipasi dalam kegiatan yang mulia ini. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi kegiatan rutin bulanan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Camat Nunukan Selatan, Ibu Hj. Ramsidah, beliau menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif positif Lapas Nunukan dalam melibatkan pihak-pihak eksternal, termasuk pemerintah kecamatan, dalam kegiatan sosial yang mendukung kebersihan lingkungan.

“Pentingnya kolaborasi antara lembaga pemasyarakatan dan pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan mendukung rehabilitasi sosial,”imbuh Ramsidah. (mld-DV*)