PD PIRA Kaltara Dilantik, Friska Mardiana Siap Bergerak Menangkan Partai

TARAKAN – Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Partai Gerinda melaksanakan, Sabtu (18/11/2023) melaksanakan pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah (PD) dan Pengurus Cabang (PC) se-Kalimantan Utara (Kaltara) yang berlangsung di Hall Kayan Tarakan Plaza.

Untuk pengurus daerah (PD) PIRA Kaltara, diketuai oleh Hj, Friska Mardiana, dan selain melaksanakan pelantik PD Kaltara, juga dilaksanakan kepada Seluruh pengurus PIRA dari empat kabupaten dan dan satu kota di Kaltara.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PIRA Gerindra, dr. Prajna Paramita Sudharto, hadir di Kaltara untuk pelantikan dan pengukuhan pengurus di daerah.

Kepada media, Prajna menjelaskan PIRA merupakan salah satu sayap dari partai Gerindra yang bertujuan untuk memperkuat peran perempuan dalam dunia politik. Hal ini sesuai dengan undang-undang pemilu tahun 2017 dimana keterwakilan perempuan di legislatif sebesar 30 persen.

“Sekarang belum terpenuhi. Kalau ditingkat RI sekitar 20 persen, ditingkat DPR Provinsi dan kabupaten atau kota sekitar 14 persen,” jelas dr. Prajna.

Ia mengharapkan, dengan dilantiknya pengurus PIRA ditingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat meningkatkan peran serta dari perempuan. “Mereka akan meningkatkan, berperan serta aktif mencalonkan diri sebagai calon legislatif,” imbuhnya.

Sementara Ketua Dewan Penasehat (DP) PD Kaltara, Hj. Rahmawati, S.H mengatakan tantangan yang akan dihadapi oleh para perempuan dalam pencalonan ialah bagaimana bersatu membawa nama perempuan dalam mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Provinsi kita sangat berbeda dengan geografis provinsi yang lain. Jadi, dibutuhkan tenaga, waktu untuk kita sama-sama mensosialisasikan bagaimana Gerindra ini meraih kursi sebanyak mungkin,” terangnya.

Melihat Pemilihan Umum (Pemilu) sebelumnya pada tahun 2019 keterwakilan perempuan sangat sedikit oleh sebab itu untuk meningkatkan hal ini ia mengajak anggota PIRA untuk bersama-sama meningkatkan keterwakilan perempuan di Pemilu 2024 nanti.

Sebagai Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kaltara, ia menjumpai permasalahan perempuan yang menjadi visi dan misinya untuk memperjuangkan hak perempuan di Kaltara.

“Hanya perempuan yang mampu menggaungkan segala permasalahan yang akan dibawa ke pusat agar mereka tahu kita memerlukan sekali program untuk pemasyarakatan khususnya di perbatasan,” ucapnya.

Ketua PD PIRA Kaltara, Hj. Friska Mardiana usai dikukuhkan akan menyusun program kerja untuk wilayah Kaltara. Ia pun akan bergerak memenangkan Partai Gerindra di pemilu 2024 dan mendukung Hj. Rahmawati yang juga mencalonkan diri sebagai DPR-RI mewakili perempuan Kaltara dari partai Gerindra.

“Kami akan bergerak juga bersatu untuk memperjuangkan ibu (Hj. Rahmawati) dari Kaltara untuk memenangkan pemilihan di RI,” tegasnya.

“Kami akan melakukan kegiatan sosial, kami akan mendukung program-program ibu maju sebagai Caleg RI dan kami akan mendukung ke depannya,” tutupnya.(mld*)