Sambut Harhubnas 2023,  KUPP Sei Nyamuk Gelar Lomba Mewarnai Untuk Pelajar di Perbatasan

NUNUKAN –  Dalam Rangka menyambut dan memeriahkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2023, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas III Sei Nyamuk Nunukan, menggelar Lomba Mewarnai.

Lomba yang dilaksanakan di halaman KUPP Kelas III Sungai Nyamuk, Sabtu (09/09/2023) pagi,   diikuti sebanyak 145 peserta yang terdiri dari, SD 50 Peserta TK 15 peserta dan Paud sebanyak 80 peserta.

Kepala KUPP Kelas III Sungai Nyamuk, Syahruddin menjelaskan lomba mewarnai tersebut merupakan rangkaian dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada tanggal 17 September 2023, mendatang.

“Sesuai dengan agenda dan tema menyambut Hari Perhubungan Nasional, yaitu “ Melaju Untuk Transportasi Maju” dalam lomba ini peserta mewarnai tiga gambar yang bertemakan transportasi, Yaitu gambar mobil, kapal dan kereta api”, ujar Syaharuddin.

Lomba ini Juga menurut Syaharuddin sebagai ajang pencarian bakat pelajar Sebatik khususnya pelajar di perbatasan dalam bidang Seni. Dan disambut baik oleh para peserta dan para guru serta orang tua.

“Disini selain peserta orang tua juga turut hadir untuk memberikan dukungan terutama para guru dan pembina dari sekolah asal peserta, sehingga terlihat meriah,”tuturnya.

Syaharuddin, menyampaikan terima kasih atas dukungan stakeholder yang ada di Kecamatan Sebatik, seperti pihak kantor kecamatan, Forkopimda, pengusaha serta para agen pelayaran, sehingga lomba ini dapat berjalan dengan sukses, sederhana tapi dampaknya luas.

Ke depan, selain akan membuat event serupa yang lebih baik lagi, pihaknya juga akan menggelar pelatihan mewarnai dan melukis bagi para guru TK dan Paud, oleh pelatih yang kompeten di bidangnya.

“Pelatihan bertujuan agar dapat memberikan pengetahuan dan teknik mewarnai serta melukis yang nantinya akan mereka terapkan kepada anak didiknya, sehingga hasilnya akan lebih baik lagi, bila mereka mengikuti event serupa”imbuhnya.

Sedangkan untuk penilaian lomba, panitia mendatangkan juri yang berkompeten di bidangnya dari kota Tarakan, dimana   untuk lomba mewarnai kriteria lomba khusus untuk itu , pertama kreatifitas, kemudian komposisi warna dan kerapian seperti yang diungkapkan oleh dewan juri, Khusni Thamrin kepada media.

“Dalam lomba mewarnai tidak diikutkan garis dan bentuk karena tidak mempunya daya cipta atau imajinasi”, ujar Khusni.

Khusni juga mendukung rencana kepala KUPP untuk membuka pelatihan khusus bagi para guru, karena dalam lomba ini terlihat masih kurangnya pengetahuan para peserta tentang cara mewarnai yang benar sehingga diharapkan bila para guru diberikan bekal atau teknik cara mewarnai yang benar para guru bisa memberikan contoh yang baik kelak ke anak didik yang nantinya juga akan tampil atau turut serta dalam lomba mewarnai atau melukis nantinya.

“Perlu memang  meningkatkan kompetensi guru bidang seni, paling tidak bisa memahami gambar itu seperti apa, sehingga kedepannya mewarnai itu bisa lebih sempurna”,ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Sebatik Utara Suryadi, mengapresiasi kegiatan lomba mewarnai tingkat SD Kelas I – II, TK dan Paud di Sebatik, yang digelar oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Sungai Nyamuk.

Hal Ini disampaikan saat Sekcam hadir dan memberikan sambutannya mewakili Camat Sebatik Utara.

“Lomba ini dapat meningkatkan kreativitas khususnya di bidang seni,”ujarnya.

“Harapan kedepannya lomba dapat ditingkatkan lagi, agar kedepan jumlah peserta lebih banyak lagi dan anak-anak pelajar di Sebatik menjadi lebih kreatif,” imbuhnya.

Dalam lomba ini para pemenang juara 1, 2 dan 3 selain mendapatkan tropi, juga mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan, sedangkan untuk juara harapan 1, 2 dan 3 mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan dari panitia.

berikut nama-nama para pemenang:

Juara 1
MI As’Adiyah Sungai Nyamuk
An. Alea Syakira Azzahra

Juara 2
KB. Nur Annisa
An. Andi Muhammad Ikhwan

Juara 3
TKIT Al Huda Tanjung Harapan
An. Raina Miyuki Athabina

 

Harapan I
SDN 001 Sebatik Timur
An. Shane Nathalia Lavina

Harapan II
TK. Negeri Pembina Sebatik Utara
An. Syafika Ramahdhani

Harapan III
KB. Pastabigul Khairat Lapri
An. Nur Shakira

(mld-DV*)

@aksi_kaltara

♬ suara asli – Aksi Kaltara – Aksi Kaltara