Hadiri Haul Guru Tua, Khairul: Sosok Guru Tua Merupakan Sosok Inspiratif

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., menghadiri peringatan Haul Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau yang dikenal dengan Guru Tua. Haul yang ke-55 tahun ini dilaksanakan setiap tahunnya pada 12 Syawal penggalan tahun Hijriah, dan pada tahun ini digelar di Madrasah Alkhairaat Sebengkok pada Minggu, 14 Mei 2023.
Hadir pada peringatan ini Gubernur Kalimantan Utara, para pimpinan Alkhairaat di wilayah Kaltara, para tokoh dan pimpinan organisasi Islam, dan unsur penyelenggara baik sipil maupun TNI/Polri. Para hadirin ini berkumpul dan berbaur dengan warga (Abna’) Alkhairaat Tarakan.
Guru Tua sendiri, merupakan ulama besar dan sekaligus tokoh pejuang. Salah satu peninggalannya adalah Lembaga Alkhairaat yang kini terus eksis dalam bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan.
Saat ini Alkhairaat telah menaungi sekitar 1.700 madrasah, 43 pondok pesantren dan satu perguruan tinggi, yang beroperasi di 12 Provinsi dan 84 kabupaten/kota. Selain itu Alkhairaat juga memiliki rumah sakit yang dikelola secara mandiri. Saat ini ratusan ribu guru telah tersebar di pelosok-pelosok kampung untuk mengabdikan diri mereka mengembangkan Alkhairaat.
“Sosok Guru Tua merupakan sosok inspiratif dan mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi kita dalam mewujudkan Tarakan yang bhaldattun thoyyibatun wa robbun ghoffur,” ujar Wali Kota dalam sambutannya.