Hadiri Rakornas, Bupati Nunukan Terima Arahan Dari Presiden

Bupati Nunukan, Asmin Laura Bersama Forkopimda saat hadiri Rakornas di Bogor. (Prokopim Pemkab Nunukan)

NUNUKAN – Sejumlah Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Derah (Forkopimda) hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Sentul Internasional Convention Ceentre (SICC) Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023), lalu.

Salah satunnya yang hadir Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, yang pada kesemepatan itu Bupati menerima arahan  beberapa poin penting dari Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo dalam Rakornas tersebut.

Diantaranya kata Laura terkait Inflasi, penanganan kemiskinan Ekstrim, penanganan stunting, Investasi, birokrasi APBD dan TKDN, perencanaan tata kota, Stabilitas Politik, dan keamanan serta toleransi umat beragama.

Presiden meminta Kepala Daerah untuk waspada terhadap Inflasi, diharapkan Kepala Daerah turun langsung memantau harga barang jasa dilapang, agar dapat diketahui dan segera diantisipasi dan mencari solusinya.

Untuk penanganan stunting, Presiden menyebut bahwa data sudah diketahui oleh dimasing-masing Daerah, dan juga mengetahui cara mengatasinya, semua harus berperan aktif dalam penanganan stunting.

“Penanganan stunting baik kepada ibu hamil dan keluarganya, mulai dari kader posiandu, masyarakat, hingga pemuda, harus turut serta,” ujar Laura.

Presiden juga mengatakan agar Investasi tidak dipersulut tentang izin, sebab Investasi merupakan kunci pertumbuhan ekonomi.

“Izin harus bisa selesai dalam hitungan hari jangan berbulan-bulan,” tegas Laura.

Selain itu, tentang Tata Kota, Presiden menginginkan setiap daerah memiliki brendnya sendiri, berdasarkan potensi dan ciri khas kota tersebut.

Pada kesempatan itu juga Presiden menyebutkan pentingnya toleransi beragama disiapkan daerah.

“Masyarakat yang beribadah jangan dilarang, berikan kebebasan melaksanakan ibadahnya,” sebut Laura, menyampaikan pesan Presiden.

Menurut Bupati Laura, arahan yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo telah disampaikan kejajaran perangkat daerah agar segera dilaksanakan dan menjadi perhatian.

“Saya sebagai kepala daerah harus siap menjalankan instruksi Presiden, dan point-point instruksi tersebut juga sudah disampaikan pada apel bahkan melalui digrup whatsapp, di jajaran perangkat daerah,” tutur Laura.

Turut hadir bersama Bupati Nunukan, Ketua DPRD Hj. Leppa, Dandim 0911 Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, dan Kajari Nunukan Teguh Ananto.(ml*)