TANJUNG SELOR – Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Suriansyah, M.AP meminta kepala perangkat daerah dapat melakukan pembinaan secara berjenjang di lingkungan kerja masing-masing. Ini bertujuan membentuk sistem pemerintahan yang baik.

“Jika seluruh pegawai yang telah dipercayakan melaksanakan tugasnya dengan baik, maka kualitas diri dan pekerjaan akan berjalan baik juga. Karena jika terdapat satu sistem yang kurang baik, akan memengaruhi yang lainnya,”terang Suriansyah pada Apel Pagi di Lapangan Agatis, Senin (31/1/2022).

Suriansyah juga mengingatkan kembali arahan yang disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada apel pagi yang digelar pekan lalu tentang pengembangan kualitas diri.

Baginya, kualitas pekerjaan Aparatur Sipil Negara (ASN) kualitasnya masing-masing. Misalnya, kemampuan manajerial mengatur seluruh sumber daya baik orang maupun barang di kantornya perlu dimiliki setiap ASN.

“Memang ada pekerjaan yang tidak murni kita laksanakan sendiri, ada yang dikerjakan bersama tim dilingkungan kantor itu sendiri atau antar OPD. Oleh karena itu saya mengajak kita dan diri saya sendiri untuk terus meningkatkan kualitas diri,” kata Suriansyah.

Ia menyebutkan dalam uji kompetensi melalui assessment ada tiga hal yang ditekankan yakni kompetensi Manajerial, Teknis, dan Sosial Struktural. “Memang tidak mudah menggabungkan tiga hal tersebut, tetapi kalau kita tidak mengupayakan dan menyiapkan waktu, tentu sulit bagi kita menerapkannya,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, sekali lagi Suriansyah mengajak seluruh ASN untuk meningkatkan kemampuan kompetensi tersebut. Mengatur, mengarahkan, dan mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan sesuatu dibutuhkan keteladanan.

“Kepada rekan-rekan yang diberi kepercayaan memimpin, lakukanlah sesuai kemampuan kita masing-masing. Jadi, tingkatkan kualitas diri,” tuntasnya.(ahy/dkispkaltara)