Harapkan Kader IPM Kaltara yang Berdaya dan Berkarya untuk Masyarakat

Tanjung Selor-Sinergi dengan pemerintah melalui pemberian pendidikan agama dan moral kepada pelajar, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Utara (Kaltara) mengadakan kegiatan Musyawarah Wilayah ke-3 IPM bertema Recovery for Acceleration/Pelajar Berdaya Berkarya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kaltara, Kepala Biro Hukum Provinsi Kaltara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltara, Ketua Bidang Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Kaltara, serta tamu undangan lainnya.

“Pada hari ini juga diadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan, red) di Kabupaten Bulungan yang sudah dimulai dari tanggal 25-28 Januari 2021 untuk pelajar tingkat SMA, MA, dan SMK se-Kabupaten Bulungan,” ujar Ipmawan Firdaus selaku Ketua Panitia dalam laporannya pada kegiatan yang berlangsung di Gedung BKPSDM, Jumat (28/1).

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan musyawarah wilayah ini mendapatkan support dari Pemerintah Provinsi Kaltara, Pemerintah Kabupaten Bulungan, serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltara. Awalnya sempat pesimis karena sebelumya kegiatan ini berlangsung di Tarakan, tapi syukur ternyata kami mendapat dukungan yang banyak,” bebernya lagi.

Husnul Aulia selaku Ketua Umum PW IPM Kaltara juga mengaku bahwa keberlangsungan rangkaian musyawarah wilayah mendapatkan banyak kemudahan. Ia menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya kegiatan LDK Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat pelajar di Bulungan diikuti oleh 80 peserta.

“Kami berkomitmen untuk memperjuangkan IPM di Kaltara, semoga kami tetap mampu menciptakan program-program yang mendorong pelajar untuk berakhlaktul karimah. Tetap kita berfastabiqul khairat, semua yang diperjuangkan ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita Muhammadiyah ke depannya,” beber Husnul.

Menyambut baik hal ini, Dt. Iqro Ramadhan selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kaltara menyampaikan pesan Gubernur Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH.,M.Hum mengenai pentingnya memiliki pelajar yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil demi kemajuan bangsa ke depan.

“Oleh karena itu saya berharap saudara yang hadir di tempat ini dapat menjadi kader IPM yang dapat menjalankan misi sebagai gerakan dakwah Islamiyah, gerakan ilmu, serta gerakan pembaruan masyarakat, dan terus berupaya untuk banyak belajar hal-hal baru dan mampu menjadi contoh atau teladan di lingkungan sekitar,” ungkapnya.

“Pada hari ini juga akan dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan PD IPM Bulungan dan Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah, saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang akan dilantik dan saya berharap anda dapat segera beradaptasi sebagai kader yang teguh memegang keyakinan,” pungkasnya.

Usai membuka acara pelantikan, Dt. Iqro juga menerima penghargaan yang diberikan oleh Husnul dengan didampingi oleh Sekretaris Umum PW IPM Kaltara dan disaksikan langsung oleh para tamu undangan. (saq/dkispkaltara)