Karantina Pertanian Tarakan Fasilitasi 21,2 Ton Buah dan Sayur Tujuan Malaysia

NUNUKAN- Indonesia merupakan negara tropis yang terkenal dengan ragam flora dan fauna. Seperti hasil pertanian berupa buah-buahan yaitu mangga, buah naga, alpukat, salak, jeruk bali dan sayuran seperti tomat dan kubis. Buah dan sayur asli Indonesia ini banyak digemari baik masyarakat lokal maupun luar negeri termasuk Malaysia. Kedekatan letak geografis semakin memudahkan Malaysia mendatangkan buah-buahan dari Indonesia.

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Nunukan, Noor Efendi melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan fisik sebanyak 9.050 Kg Mangga, 3.580 kg Alpukat, 3.560 kg buah naga, 200 kg Jeruk Bali, 150 kg Salak, 4000 kg Tomat dan sayura kubis 750 kg. Buah dan sayur senilai Rp 493.950.000 tersebut akan diekspor ke Malaysia melalui jalur laut, Senin (17/01).
“Sebelum diterbitkan Sertifikat Kesehatan / Phytosanitary Certificate (PC), terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dokumen dan fisik untuk memastikan buah dan sayur ini sesuai persyaratan negara tujuan. Ini dilakukan agar tidak terjadi penolakan saat produk sampai di Malaysia.” jelas Noor Efendi, pejabat karantina tumbuhan.(*ml)