Polres Tarakan Jadwalkan Akan Melakukan Vaksinasi Covid-19 Khusus Tahanan

TARAKAN – Sebagai bentuk memberikan hak kesehatan kepada tahanan, Polres Tarakan jadwalkan akan melakukan vaksinasi Covid-19 khusus tahanan yang saat ini berada di Mako Polres Tarakan.

Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira menjelaskan saat memberikan pertanyaan kepada tahanan baru bahwa mereka belum di suntik vaksin maka semua tahanan nantinya akan di vaksin Covid-19.

“Semua warga binaan kita para tahanan di Polres Tarakan nanti kita arahkan mereka untuk di vaksinasi,” jelas Kapolres, Senin (6/12/2021).

Kapolres menegaskan, walaupun beberapa hak tahanan dibatasi namun mereka tetap memiliki hak kesehatan dan Polres memiliki kewajiban untuk memberikan hak tersebut salah satunya dengan vaksinasi.

“Kita akan coba untuk berikan vaksinasi kepada mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan saat ini ada seratus lebih tahanan di Mako Polres, sebelum dilaksanakan vaksin pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu.

Kapolres mengungkapkan pendataan dilakukan karena ada beberapa kendala, dimana ada tahanan yang tidak memiliki KTP (Kartu tanda penduduk).

“Beberapa tahanan tidak memiliki KTP, tapi apapun itu nanti kita coba cari solusinya, salah satunya berkomunikasi dengan pihak keluarga untuk mengirimkan kartu KK, karena salah satu syarat mendapatkan vaksin yaitu memiliki NIK,” ungkapnya.

Kapolres tegaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk tahanan secepatnya akan dilakukan dan paling lambat kemungkinan Minggu depan.(*ml)