Tanjung Selor – Guna menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Utara (Kaltara) yang ke-9, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara melaksanakan kegiatan pementasan akhir Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di wilayah Kabupaten Bulungan periode tahun 2021 pada Senin (25/10).

Dalam hal ini, Gubernur Zainal A. Paliwang melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdiknud, Teguh Henri Susanto membuka acara pagelaran dan pentas seni budaya GSMS untuk 9 tahun Provinsi Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera di halaman SMAN 1 Tanjung Selor.

Program ini adalah salah satu program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat Kaltara untuk melestarikan budaya yang ada di Kaltara.

“Program GSMS ini merupakan program kegiatan yang dapat membantu memfasilitasi keterbatasan sekolah dalam menghadirkan guru seni budaya yang selama ini menjadi kendala di satuan pendidikan, terutama di wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal”, ujarnya saat membuka acara tersebut.

Gubernur berharap sektor kesenian dapat berkembang dan lebih kreatif untuk digali secara maksimal. Oleh karena itu peran investor, dan pelaku budaya dan sejarah sangat dinantikan.

“Dengan adanya kegiatan GSMS ini besar harapan agar para seniman dan seluruh masyarakat dapat melestarikan dan mepromosikan potensi budaya yang ada di Provinsi Kaltara, salam budaya lestari, Kaltara dihati,” tutupnya

Selain itu acara dibuka secara resmi dengan prosesi pemukulan gong dan pemberian cinderamata dari seniman kepada Pemerintah Provinsi Kaltara yang merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih.

Selain itu Dedy Arifaini selaku Kepala Bidang (Kabid) Disdikbud Provinsi Kaltara menjelaskan bahwa kegiatan GSMS ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Disdikbud Provinsi Kaltara yang memfasisilitasi seniman terutama pelajar untuk melestarikan seni budaya, mengembangkan minat dan bakat di bidang seni, serta memberikan kesempatan menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air generasi muda melalui kegiatan belajar seni budaya.

“Pementasan hari ini dilaksanakan di Kabupaten Bulungan dengan menampilkan karya dari delapan sekolah, total seluruh sekolah yang berpartisipasi berjumlah 20 sekolah di Provinsi Kaltara,” ujarnya

Kegiatan GSMS tersebut menampilkan delapan karya seniman untuk memeriahkan HUT ke-9 tahun Provinsi Kaltara yang terdiri dari beberapa sekolah, yaitu SMAN 1 Tanjung Selor yang menampilkan seni tari, SMAN 1 Tanjung Palas Utara menampilkan seni musik , SMAN 1 Tanjung Palas Timur menampilkan seni teater, SMAN 1 Tanjung Palas menampilkan seni teater, SMA Agape menampilkan seni musik, SMKN 1 Tanjung Palas Tengah menampilkan seni tari, SMTK Long Bia menampilkan seni tari, serta SMKN 3 Tanjung Selor menampilkan seni ukir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Disdikbud Provinsi Kaltara, Kepala SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Bulungan, para seniman GSMS di wilayah Kabupaten Bulungan. (sop/dkispkaltara)