Dampingi Petani Milenial, Upaya Karantina Pertanian Tarakan Cetak Eksportir Baru

Bulungan – Seiring dengan arahan Menteri Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial di Kalimantan Utara. Karantina Pertanian Tarakan menjadi salah satu narasumber yang menjelaskan persyaratan ekspor dalam pelatihan yang digelar di Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan secara luring, Sabtu 11/09.
Subkoordinator Subtstansi Karantina Tumbuhan, Husaini memaparkan pentingnya pemenuhan persyaratan karantina agar produk Pertanian yang diekspor diterima negara tujuan. Ia menjelaskan dengan rinci mulai dari peraturan hingga prosedur penerbitan sertifikat kesehatan produk pertanian untuk ekspor.
Menurut Husaini, dalam pelatihan ini, materi yang dibangun bertujuan agar petani milenial dan petani andalan mampu membangun jiwa yang berdaya saing global dan pemenuhan produk berkualitas ekspor sesuai prosedur yang benar terutama persyaratan Karantina.
“Sangat perlu sekali mencetak generasi petani milenial yang paham akan prosedur ekspor dan karantina yang benar sehingga tidak ada produk Pertanian yang ditolak di negara tujuan, Karantina Pertanian Tarakan siap memfasilitasi dan memberi pendampingan kepada Petani Milenial di Kalimantan Utara sehingga salah satu program Kementerian Pertanian, Gratieks dapat tercapai dan berkelanjutan disini”, ujar Husaini.(*)