Tanjung Selor-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-XXV sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah yang jatuh pada tanggal 25 April mendatang, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah melakukan berbagai macam persiapan.
Taufik Hidayat selaku Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kaltara mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendapatkan surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai detail acara dan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam rangkaian acara tersebut.
“Sebelumnya Biro Pemerintahan sudah mendapatkan undangan atau pemberitahuan dari Kemendagri terkait dengan perayaan HUT Otonomi Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2021 di Jakarta,” ujarnya pada saat diwawancarai.
Ia mengaku bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal secara teknis pada acara yang akan dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara tersebut.
“Kami telah menyampaikan video informasi, sementara itu untuk saat ini sudah ada satu essay yang masih dalam tahap persiapan,” jelasnya.
“Selain itu, kami juga telah menghubungi Diskominfo (Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, red) dalam hal ini untuk menyiapkan ruang command center yang akan menjadi lokasi Zoom Meeting nanti,” bebernya lagi.
Pria yang kerap disapa Taufik ini juga mengaku bahwa pihaknya telah melakukan pemasangan baliho ke beberapa titik di Kaltara sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa memiliki hari Otonomi Daerah.
Selain itu, mengenai waktu yang cukup singkat, Taufik mengaku bahwa hal ini memberikan tantangan dan menimbulkan berbagai macam kesulitan yang harus ia tangani sebaik mungkin untuk menyukseskan acara nanti.
“Berhubungan dengan waktu yang pendek, yaitu kurang lebih sekitar seminggu mengakibatkan kurang maksimalnya persiapan seperti Zoom (virtual meeting,red) nanti. Sudah disiapkan sebenarnya, tapi masih terkendala oleh satu dan lain hal. Tapi semoga saja kita tetap dapat mengikuti acara perayaan tersebut tanpa kendala lain,” pungkasnya.